Program Diploma 3 Bahasa Inggris UII Yogyakarta

You are here: Home
Dari Studium Generale D3 Bahasa Inggri: Kiat Mudah Belajar Bahasa Inggris Print E-mail
Written by Widodo HP   
Friday, 07 October 2011
Image
Mahasiswa Peserta Program PPL Ke Australia sedang Berbagi dengan peserta Kuliah Umum
“Jika temen2 mau belajar Bahasa Inggris dengan mudah, maka kuncinya adalah sering-sering melihat film yang berbahasa Inggris, sering melihat tayangan-tayangan yang berbahasa Inggris di youtube, ataupun sering mendengar siaran-siaran radio yang menggunakan Bahasa Inggris. Selain dapat kosakatanya, kita juga dapat cara pengucapannya”, demikian kiat yang dibagikan oleh Fatiya, calon mahasiswa University of Wollongong New South Wales Australia saat memberikan materi tip-tips belajar Bahasa Inggris dengan mudah dalam salah satu sesi acara Studium General Prodi Bahasa Inggris FPSB UII, Kamis, 06 Oktober 2011 di Auditorium FPSB UII.

Kegiatan yang diikuti oleh siswa-siswa SMA/SMK khususnya yang berada di sekitar kampus terpadu Universitas Islam Indonesia tersebut sengaja digelar untuk memberikan tambahan pengetahuan tentang prospek lulusan pendidikan Bahasa Inggris dan juga berbagi pengalaman dengan para mahasiswa D3 Bahasa Inggris FPSB UII yang baru saja menyelesaikan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ke Australia.

Mengenai prospek lulusan Bahasa Inggris, secara khusus Prodi D3 Bahasa Inggris mengundang Tri Kartika Rina, M.Pd sebagai pembicara. Pak Tri (panggilan akrab Tri  Kartika Rina) adalah seorang guru SMP Muhammadiyah 1 Pundong Bantul yang juga pernah menjadi ‘guest tutor dan visiting teacher’ di Melbourne University, Charles Darwin University, dan Beechworth Secondary College, Australia. Menurut Pak Tri,  prospek lulusan Bahasa Inggris masih sangat luas. Hal tersebut dikarenakan bahasa Inggris diakui oleh seluruh dunia sebagai Bahasa Internasional. “Saat ini, hampir semua instansi/perusahaan mensyaratkan calon pegawainya bisa Berbahasa Inggris. Jadi jangan khawatir tidak mendapat pekerjaan jika kita bisa menguasai Bahasa Inggris ”, paparnya. Selain di perusahaan-perusahaan, Pak Tri juga menyampaikan prospek lulusan Bahasa Inggris yang akan mengambil profesi sebagai guru/dosen. Profesi guru/dosen saat ini menurutnya masih merupakan profesi yang menjanjikan secara finansial.

Di sesi akhir, para peserta program PPL  D3 Bahasa Inggris ke Australia yang baru saja pulang yakni Siska Marga Rene, Alifa Rasyida Sholeh dan Trie Lestari Handayani membagi pengalamannya selama di Australia. Ketiganya memiliki pengalaman yang berbeda-beda karena selama PPL tersebut ketiganya memang berada dalam 3 tempat yang berbeda, yaitu di Mornington Secondary College, Dromana Secondary College dan Rosebud Secondary College. Ketiganya bercerita tentang makanan, iklim yang bisa berubah secara ekstrem, kebun binatang, produk mie dari Indonesia, dan juga urusan ‘belakang’ yang begitu men-dewa-kan tissue  daripada air.

Acara ditutup dengan pembagian doorprize untuk peserta. Selamat datang kepada para mahasiwa peserta program PPL  D3 Bahasa Inggris FPSB UII yang telah kembali ke tanah air. Semoga apa yang didapatkan akan memberi manfaat bagi sesama. Amiin..

Last Updated ( Monday, 10 October 2011 )
 
< Prev

Who's Online

Jadwal sholat